Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pakpak Bharat

Organisasi

Susunan Organisasi satuan Polisi Pamong Praja

  1. Kepala Satuan
  2. Sekretaris
  3. Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian
  4. Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
  5. Bidang Penegakan Perundang-undangan dan Peraturan daerah
  6. Seksi Penyelidikan dan Penyidikan
  7. Seksi Pembinaan, Penyuluhan dan Pengawasan
  8. Bidang Trantibum dan Linmas
  9. Seksi Kerjasama dan Linmas
  10. Seksi Opsdal dan Linmas
  11. Bidang Penanggulangan Kebakaran
  12. Seksi Pemadam Kebakaran
  13. Seksi Pencegahan dan Penanganan Pasca Kebakaran

 

 

 Kepala Satuan

  1. Merumuskan program kerja, kegiatan dan rencana anggaran satuan
  2. Melaksanakan pembinaan pelayanan teknis dan administrasi kepada semua unsur di lingkungan satuan
  3. Melakukan pembinaan pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, perencanaan, keuangan, kepegawaian
  4. Memimpin, mengkoordinasikan, mengarahkan dan mengawasi unsur bawahan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi satuan
  5. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian sasaran kerja pegawai

Sekretaris

  1. Membantu Kepala Satuan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya
  2. Memimpin, membimbing, meneliti dan menilai hasil kerja bawahan
  3. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan Sekretariat serta mencari alternatif permasalahannya
  4. Mengkonsultasikan setiap kegiatan Sekretariat yang bersifat urgen kepada Kepala Satuan
  5. Membuat dan menyampaikan laporan hasil pelaksanaan tugas kepada Kepala Satuan Polisi Pamong Praja

Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian

  1. Menyusun rencana kerja Sub Bagian Administrasi Umum dan Kepegawaian
  2. Melakukan Inventarisasi barang dan aset Satpol PP
  3. Menyiapkan bahan pengajuan surat permintaan pembayaran belanja administrasi umum, belanja operasional, pemeliharaan belanja modal
  4. Membimbing bawahan untuk meningkatkan motivasi, disiplin dan prestasi kerja
  5. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian sasaran kerja pegawai

Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan

  1. Menyusun rencana/Program kegiatan Sub Bagian
  2. Mengkomplikasikan dan menyusun bahan rencana strategis dan rencana program Satuan Polisi Pamong Praja 
  3. Menganalisa dan menyusun usulan program, rencana kerja dan anggaran tahunan 
  4. Mengendalikan administrasi program, evaluasi dan pelaporan Satuan Polisi Pamong praja
  5. Menghimpun, mengolah, menganalisa, mengevaluasi dan membuat laporan statistik kegiatan

Bidang Penegakan perundang-undang dan Peraturan Daerah

  1. Penetapan penyusunan rencana dan program kerja penegakan peraturan perundang-undangan daerah
  2. Penetapan rumusan kebijakan teknis penegakan peraturan perundang-undangan daerah
  3. Penetapan rumusan pembinaan, pengawasan dan penyuluhan penegakan peraturan perundang-undangan daerah
  4. Penetapan rumusan bahan koordinasi penyelenggaraan peraturan perundang-undangan daerah
  5. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan tugas penegakan peraturan perundang-undangan daerah

Seksi Penyelidikan dan Penyidikan

  1. Penyusunan rencana dan program kerja operasional penyelidikan dan penyidikan penegakan peraturan perundang-undangan daerah
  2. Pelaksanaan penyusunan dan pengolahan data kegiatan penyelidikan dan penyidikan penyelenggaraan peraturan perundan-undangan daerah
  3. Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi penyelidikan dan penyidikan pelanggaran peraturan perundang-undangan daerah 
  4. Pelaksanaan pengelolaan data hasil penyelidikan dan penyidikan pelanggaran peraturan perundang-undangan daerah
  5. Pelaksanaan analisan dan evaluasi terhadap jenis dan bentuk pelanggaran sebagai bahan masukan pengambilan kebijakan pimpinan

Seksi pembinaan, Penyuluh dan Pengawasan

  1. Penyusunan rencana dan program kerja operasional pembinaan, pengawasan dan penyuluh penegakan peraturan perundang-undangan daerah
  2. Pelaksanaan penyusunan, dan pengolahan bahan pembinaan, pengawasan dan penyuluhan peraturan perundang-undangan daerah
  3. Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis dan fasilitasi pembinaan, pengawasan dan penyuluhan peraturan perundang-undangan daerah
  4. penyusunan bahan pembinaan penegakan peraturan perundang-undangan daerah
  5. Pengelolaan data pembinaan, pengawasan dan penyuluhan penegakan peraturan perundang-undangan daerah

Bidang Trantibum dan Linmas

  1. Menyusun Program kerja dan rencana anggarn bidang
  2. Melaksanakan patroli rutin dan patroli khusus
  3. Melaksanakan pengamanan unjuk rasa dan kerusuhan massa
  4. Melaksanakan operasi penertiban gelandangan, pengemis dan wanita tuna susila
  5. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian sasaran kerja pegawai

Seksi kerjasama dan Linmas

  1. Menyusun rencana dan program kerja seksi kerjasama dan perlindungan masyarakat
  2. Melaksanakan kesiapsiagaan dan pengerahan satuan perlindungan masyarakat dalam penanggulangan bencana serta penanganan gangguan ketentraman dan ketertiban masyarakat
  3. melaksanakan pengumpulan dan analisa data daerah rawan bencana serta pemeliharaan ketentraman dan ketertiban masyarakat
  4. Melaksanakan koordinasi satuan Perlindungan masyarakat dengan sub Unit kerja lain di lingkungan Satpol PP
  5. Merumuskan hasil pengkajian penanganan masalah aktual daerah dan tindak lanjut kebijakan penanganan pemberdayaan

Seksi Opsdal dan Linmas

  1. Penyusunan rencana dan program kerja operasional operasi dan pengendalian ketertiban umum dan ketentraman masyarakat
  2. Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis fasilitasi dan pelaksanaan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat 
  3. Pelaksanaan sosialisasi ketertiban umum dan ketentraman masyarakat
  4. Pelaksanaan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah kabupaten pakpak Bharat
  5. Memberi petunjuk kepada bawahan baik lisan maupun tertulis

Bidang Penanggulangan Kebakaran

  1. Menyusun program kerja dan rencana anggaran bidang 
  2. melakukan pengumpulan informasi langsung dari lapangan sebelum dan sesudah pelaksanaan operasional kebakaran
  3. Melaksanakan pembinaan petugas kebakaran
  4. Melaksanakan penyelesaian pengaduan dan keluhan masyarakat terkait dengan kebakaran
  5. Melakukan penilaian dan evaluasi atas kerja bawahan untuk bahan pertimbangan dalam menetapkan penilaian sasaran kerja pegawai

Seksi Pemadam Kebakaran

  1. Penyusunan rencana dan program kerja operasioanl operasi dan pemadam kebakaran
  2. pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis pemadam kebakaran
  3. Pelaksanaan penyusunan dan pengolahan data kebakaran
  4. Pelaksanaan patroli mobil pemadam kebakaran 
  5. Memelihara, memonitoring dan merawat sarana dan prasarana pemadam kebakaran

Seksi Pencegahan dan Penanganan Pasca Kebakaran

  1. Penyusunan rencana dan program kerja operasional operasi dan pencegahan dan penanganan pasca kebakaran
  2. penyusunan bahan kebijakan teknis pencegahan dan penanganan pasca kebakaran
  3. melaksanakan penyuluhan pencegahan dan penanganan pasca kebakaran
  4. menginventarisasi jumlah kerugian dan korban bencana pasca kebakaran
  5. Melakukan investigasi penyebab kebakaran pasca terjadinya kebakaran