Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pakpak Bharat
Berita

SATPOL PP PAKPAK BHARAT SOSIALISASIKAN REGULASI IMB

Jumat, 10 Juli 2020

Peran aktif Satpol PP Kabupaten Pakpak Bharat selaku Penegak Perda, tidak sebatas melakukan eksekusi di lapangan yang terkesan represif, tetapi juga dengan langkah yang lebih humanis seperti melakukan sosialisasi langsung ke tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana terlihat baru-baru ini di beberapa Kecamatan, antara lain Salak, Siempat Rube, STTU Julu, PGGS dan Tinada, jajaran Satpol PP melalui seksi Binaluhwas memberikan sosialisasi sekaligus pemahaman terkait peraturan Bupati Pakpak Bharat no 29/2011 tentang izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Pakpak Bharat, Kastro Manik, S.Sos, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya IMB. "Jajaran Satpol PP langsung turun ke lapangan memberikan penyuluhan serta pembinaan kepada warga pemilik bangunan perseorangan atau badan usaha yang mendirikan, memperluas, mengubah atau membongkar secara keseluruhan atau sebagian bangunan gedung", jelasnya.

Menurut beliau juga bahwa langkah pendekatan yang lebih bersifat manusiawi ini bertujuan untuk mencegah arogansi sekaligus mendekatkan diri ketengah-tengah masyarakat. "Ini juga merupakan tindak lanjut kami dari surat laporan Dinas Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (Dinas PM-PPTSP) tentang nama-nama penduduk Pakpak Bharat yang tidak mengurus IMB-nya". sambung beliau lagi.

Kastro Manik S.Sos yang di dampingi Ka. Seksi Binaluhwas, Palentino Bangun SH, berharap bahwa perilaku masyarakat yang lalai mengurus perizinan dalam mendirikan atau merenovasi bangunan tidak terjadi lagi di masa yang mendatang, sehingga tidak hanya berguna menambah pendapatan asli daerah, tetapi juga ketentuan-ketentuan mendirikan bangunan yang berimplikasi terhadap hal-hal lain semisal lingkungan hidup dan rencana tata ruang wilayah semakin di patuhi. Kerja keras dan kerja cerdas ini semoga saja dapat memajukan kualitas hidup sekaligus menjadi akselerasi pencapaian kininduma.